Anak Muda Kreatif
Di platform Qubicle
anak muda kreatif dapat mengkreasikan minat, bakat, berinteraksi dengan mereka
yang memiliki passion yang sama, berkolaborasi, serta saling menginspirasi satu
sama lain dalam bentuk video, foto, audio, artikel dengan format digital.
Qubicle menjadi sarana publikasi untuk unjuk gigi karya anak muda kreatif dan
segala informasi yang relevan bagi komunitas mereka. Qubicle menjadi daya tarik
bagi anak muda kreatif karena, Qubicle memiliki konten-konten yang dibutuhkan
anak muda sehingga dapat memudahkan akses informasi inspiratif yang sesuai
dengan passion mereka. Qubicle dapat
menampung wadah bagi anak muda kreatif yang ingin mengembangkan ide serta
menyediakan berbagai fasilitas offline seperti galeri untuk pameran, ruang
kerja bersama bagi komunitas untuk berkarya, tempat rekaman suara untuk membuat
album atau single, dan rekaman video. Qubicle menjalin relasi yang baik dengan
berbagai komunitas –komunitas unik di daerah.
Melihat realita saat ini, banyak anak muda yang berlomba-lomba menjadi anak muda kreatif dengan menggunakan konten digital, maka ini merupakan langkah awal sebagai salah satu pendorong revolusi digital nasional. Oleh karenanya, Qubicle tidak menyianyiakan kesempatan ini dengan mencoba untuk mengakonmodir potensi tersebut dengan meluncurkan versi microsite portalnya. Dikembangkan oleh Codigo cyberlin Metadata, portal Qubicle kedepan akan menjadi galeri anak muda kreatif yang disesuaikan dengan ide, passion, serta minat anak muda menurut Marketing and communications Specialist Qubicle Avi kurwet, Qubicle kedepannya akan melahirkan sebuah fitur sosial untuk menghubungkan berbagai anak muda kreatif dengan ketertarikannya masing-masing. Cara promosi yang dilakukan Qubicle cukup berbeda dengan platform digital kebanyakan, yaitu dengan mengandalkan word of mouth. Promosi tersebut dilakukan oleh komunitas-komunitas kreatif mereka. Selain itu, Qubicle juga melakukan promosi above the line melalui iklan TV untuk meningkatkan awareness masyarakat pada platform mereka.
Dengan besarnya
kekuatan komunitas di Indonesia, Qubicle yakin memiliki peluang besar untuk
menjadi platform dan wadah anak muda kreatif. Tidak lepas dari itu, mereka juga
harus bersaing ketat dengan beberapa platform besar seperti YouTube dan MeTube.
Qubicle baru-baru ini juga mengadakan festival tahunan yang bernamakan Creative
Tribe Week 2016. Festival tahunan dari Qubicle berlangsung dari tanggal 2-3
Desember 2016 dimulai pada pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB yang bertempat di GC
Hall Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Festival tahunan dari
Qubicle ini bisa dimanfaatkan bagi anak muda kreatif untuk bertemu langsung dengan
orang kreatif Indonesia melalui Creative Exhibitions. Belajar berkarya film,
fashion, musik, dan seni melalui Creative Classes. Kemudian, dapat menonton
aktor dan musisi dalam dan luar negeri melalui Creative Entertainment.
Yang ke lima
adalah Retina. Retina merupakan komunitas anak muda kreatif yang menyalurkan
hobi mereka dalam menciptakan ruang seni
untuk berkreasi, berinteraksi dan menginspirasi. Pengunjung jika
mengunjungi both Retina, maka akan dapat melihat anak muda kreatif yang sedang
menggambar mural art. Yang keenam adalah Visioner. Visioner merupakan komunitas
anak muda kreatif yang pecinta fashion. Jika pengunjung mengunjungi both
Visioner, maka akan di suguhkan kartu yang dimana kita akan menaruh kedalam
kategori box. Disana terdapat 3 box, yaitu global warming box, attitude box,
dan feeling box. Yang ketujuh ada Hoopla. Hoopla merupakan komunitas anak muda
kreatif yang dapat menghibur pengunjung jika mengunjungi both mereka. Jika
pengunjung membutuhkan hiburan yang seru, maka direkomendasikan sekali untuk
join ke games dari Hoopla yaitu box kejujuran yang sudah tersedia. Pengunjung
akan ditanyakan beberapa tes kejujuran yang bisa membuat pengunjung tertawa dan
spontan dalam menjawab pertanyaan dari suara yang ada di dalam ruang kejujuran.
pengunjung juga dapat menuliskan kejujuran mereka di dinding kejujuran serta
mendapatkan merchandise dari Hoopla. Yang ke delapan adalah Slate. Slate merupakan
cinema platform yang dimana dapat menonton video pendek dan anak muda kreatif
juga dapat mengetahui tips filmmaking
yang menghibur serta dapat menginspirasi anak muda kreatif untuk berkarya. Tidak
mau ketinggalan juga adanya perlombaan dari Dreamrides yang menghadiahkan
sepeda motor secara gratis bagi para peserta lomba. Masih banyak lagi
komunitas-komunitas yang ada di Creative Tribe Week 2016. Malam harinya
disuguhkan pusis dalam bentuk alunan lagu oleh AriReda yang menemani anak muda
kreatif dalam nuansa malam minggu Diakhir acara, adanya performance dari Party
Madness yang menyemaraki akhir Creative Tribe Week 2016.
Inti dari
Creative Tribe Week 2016 ini adalah menyadarkan anak muda dalam era
digitalisasi dan mengajak anak muda agar
menjadi anak muda kreatif yang menghasilkan karya bagi bangsa dan negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar